DINOSAURUS DAN KLON

Dinosaurus. Mungkin udah lama ya kita gk bicara tentang hal itu, dinosaurus sendiri udah punah sejak 66 juta tahun yang lalu. Tapi pada tahun 1993 ada terobosan baru untuk membuat film dengan tema dinosaurus yang digarap sama sutradara Steven Spielberg, Jurassic Park. Film ini heboh di seluruh dunia, dan sequelnya pun laris , The Lost World : Jurassic Park(1997), dan Jurassic Park 3 (2001). Film-film ini tuh nyeritain tentang bagaimana jika manusia bisa menghidupkan dinosaurus kembali dari dna nyamuk purba yang ditemukan dalam keadaan mati tapi masih segar. Dari dna tersebut dan dicampur dengan dna reptil lainnya maka  bangkitlah kembali dinosaurus, dari yang kita tahu sejak dari buku bacaan SD kita. Brachiosaurus, Stegosaurus, Pachicepalosaurus, Triceratops, sampai Tyranosaurus Rex. Yang memenuhi imajinasi kita bahwa Dinosaurus itu memang terbukti ada, dan dihidupkan terus dalam imajinasi kita.

Gw sendiri belum sempat melihat utuh semua film Jurassic park dari 1 sampai 3 karena banyak faktor salah satunya gk sempat dan males.  Kurang lebih menyeritakan dari dinosaurus yang berhasil dibangkitakan dan akhirnya dibuatkan tempat yang akhirnya menjadi kebun binatang macam Taman Safari, hingga akhirnya semua lepas kendali dan dinosaurus terpaksa dipunahkan lagi. Lalu gk selesai sampai situ aja nih, tahun 2015 kemaren, ada lagi film lanjutan Jurrasic Park, yaitu Jurrasic World(2015) menceritakan tentang membuka kembali taman dinosaurus yang sempat gagal tema film terdahulu.

Dengan kreatifitas baru,kali ini menambahkan beberapa spesies baru diantaranya ada Mosasaurus, Hiu Paus purba, juga ada spesies dino baru yang diciptakan dengan mutasi genetik yang dinamakan Indominus Rex yang merupakan campuran dari beberapa campuran dna dinosaurus dan hewan hewan lainnya. Karena kecerdasannya akhirnya Indominus Rex keluar dari kandang dan menyebabkan kekacauan (lagi) pada kebun binatang ini, hampir sama sih konsepnya. Lalu tahun ini juga ada lanjutan film Jurassic World : The Fallen Kingdom, nyeritain apa? Nonton dulu deh soalnya disini gk mau spoiler.

Oke, masuk ke pembahasan, sebenarnya yang mau diangkat dari film ini menurut gw itu adalah bagaimana berhasilnya teknologi kloning yang digunakan pada dinosaurus sehingga bisa membangkitkan lagi dinosaurus dari kepunahan. Sampai akhirnya keluar kendali sehingga akhirnya keluar kendali dan gagal. Di dunia ini juga sebenarnya sudah ada beberapa hewan yang di klon diantaranya ada Dolly The Sheep, dan Cc The Cat yang dikloning. Hasil kloningan itu sukse, hanya jangka hidup hewan yang dikloning itu lebih pendek dari hewan aslinya.

Disini gw mau bahas gimana ya kalau klon digunain buat manusia? Apa akan berhasil? Karena dari 2 hewan yang di klon itu berhasil dan sampai sekarang belum ada berita tentang klon lagi. Sebenarna apa sih yang bisa terjadi pada manusia yang di klon? Apakah hanya jangka hidup yang berkurang ataukah ada efek lain yang bisa diterima manusia? Bagaimana dari perspektif Agama, Pengetahuan, tentu penciptaan klon dianggap sangat kontroversial. Tapi dari sisi kedokteran, mungkin ini adalah yang terobosan  di mana manusia bisa mendapatkan donor atau badan yang lain bila dia terkena sakit? Meskipun dari sisi moral bisa saja ini jadi perdebatan yang tidak selesai.

Selanjutnya, sekaligus pertanyaan terakhir dari gw, apa yang bakal terjadi di dunia ini kalo Klon benar-benar sudah terjadi? Mungkin tidak hanya dinosaurus benar benar di klon dan menapakkan kaki di bumi ini? Tapi juga manusia-manusia yang diklon, dan hidup bersama kita? Pembahasan ini seperti tidak lagi ramai, padahal ilmu dan teknologi berkembang terus.. mungkin di belahan dunia entah di mana. Semua itu sudah terjadi dan kita, siap atau tidak menerimanya, tentu tidak semudah seperti kita menerima film-film Hollywood yang menghibur ini. Jericho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *